Rabu, 14 September 2016

Alur Kepenulisan yang Biasa dilakukan Jasa Penulis Artikel


Alur Kepenulisan yang Biasa dilakukan Jasa Penulis Artikel

Perkembagan zaman membuat lowongan pekerjaan juga semakin inovatif. Kini, kita tidak perlu lagi datang ke kantor untuk bekerja, karena kita bisa bekerja secara freelance atau pekerja remote. Salah satu pekerjaan yang sedang populer adalah penulis artikel. Sebelum menggeluti bisnis ini, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu bagaimana alur kerja sebagai jasa penulis artikel.

Berikut alur kerja jasa penulis artikel :

  • Klien memesan artikel


Jasa penulis artikel biasaya memasang iklan atau penawaran di media sosial, website downloadfreeringtoneisis dan lainnya. Mereka akan mencantumkan biaya, waktu pengerjaan, kontak yang bisa dihubungi dan lain sebagainya. Apabila ada klien yang memesan artikel, mereka membuat kesepakatan terlebih dahulu mengenai biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan. Selain itu, klien biasanya akan menyampaikan ketentuan yang harus ada di artikel. Beberapa jasa bahkan sudah memiliki pelanggan yang rutin mengambil artikel mereka sehingga setiap hari, mereka sudah memiliki pesanan artikel.
      
  • Jasa memberikan tugas pada penulis

Jasa penulis artikel yang sudah menerima pesanan, mereka akan mengumpulkan dan memberikan kode pada setiap pesanan untuk memudahkan mereka dalam mengirimkan artikel nantinya. Setelah artikel terkumpul, mereka akan mengirimkan artikel tersebut pada penulis yang dimiliki. Biasanya, jasa penulis artikel memberikan job dengan 2.500 kata hingga 5.000 kata per harinya. Di luar jumlah tersebut, biasanya sudah ada ketentuan tersendiri bagi penulis, seperti penulis sedang berada di luar negeri jadi hanya bisa mengerjakan sedikit. Jumlah kata ini tergantung dengan aturan setiap jasa penulis artikel.

  •        Penulis mengembalikannya pada bagian editor

Apabila penulis telah selesai mengerjakan pekerjaannya, artikel tidak langsung dikirimkan ke klien, melainkan kepada editor terlebih dahulu. Editor akan memeriksa keyword, jumlah kata, kata yang typo, dan lainnya. Biasanya editor akan mengubah sedikit tulian agar lebih enak dibaca dan sesuai dengan harapan klien. Apabila kesalahan penulis cenderung sedikit, editor akan memperbaikinya dan kemudian langsung dikirim ke klien atau atasannya lagi. Namun, jika terdapat banyak kesalahan, editor akan mengembalikan artikel pada penulis untuk diperbaiki. Editor juga akan menjelaskan kesalahan dari penulis agar mereka tidak melakukan hal yang sama.
  •        Revisi penulis

Artikel yang membutuhkan revisi ini biasanya memiliki waktu pengerjaan yang lebih sedikit, maksimal 1x24 jam. Penulis harus memperbaiki tulisannya sesuai ketentuan yang ada. Setiap jasa penulis artikel memiliki ketentuan tersendiri dalam jumlah revisi, ada yang beredia hingga sesuai dan ada juga yang memberi batasan, yakni maksimal 3 artikel. Setelah revisi selesai dikerjakan, penulis mengembalikannya pada editor.
  •        Jasa mengirimkan artikel kepada klien

Artikel yang sudah melalui beberapa tahap dan menghasilkan tulisan berkualitas, kemudian akan dikirimkan pada klien. Apabila hasilnya memuaskan, klien tersebut akan menjadi pelanggan tetap. Saatnya, penulis dan editor mendapatkan fee setelah menyelesaikan tugas mereka. Beberapa jasa penulis artikel melakukan pembayaran per hari, per minggu dan ada juga per bulan.

Meskipun terlihat mudah, tapi bisnis ini membutuhkan beberapa keterampilan khusus. Kita harus memiliki penulis dan editor yang komitmen karena bisnis ini dilakukan secara online sehingga rawan menghilang. Kita harus mengantisipasi hal demikian dengan memilih penulis dan editor yang bertanggung jawab. Kerjasama antarbagian sangat dibutuhkan untuk kesuksesan jasa penulis artikel. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda menunda untuk membangun bisnis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar