Rabu, 14 September 2016

Rahasia Menulis Artikel yang Berkualitas dan Terlihat Profesional

Rahasia Menulis Artikel yang Berkualitas dan Terlihat Profesional

Berbagai macam artikel telah menyebar ke berbagai situs website, media sosial dan jejaring internet yang lain. Sayangnya, banyak artikel yang berisikan konten tidak bermutu sehingga dapat memberikan dampak negatif bagi pembacanya. Sebagai penulis, kita harus tetap mempertahankan kualitas artikel agar terlihat profesional. Dengan demikian, pembaca akan menaruh kepercayaan pada tulisan kita.


Berikut ini rahasia agar tulisan kita tetap berkualitas dan profesional:

1. Judul menarik
Poin pertama yang wajib diperhatikan adalah judul. Judul suatu artikel bagaikan kover dalam buku. Bayangkan saja jika kover buku sudah tidak menarik dan warnanya kusam, pasti kita akan malas membacanya. Ingin populer sebagai penulis? lakukan 5 hal ini jadi, penting untuk membuat judul semenarik mungkin agar para pembaca langsung tertarik untuk membaca keseluruhan artikel. Judul artikel tidak perlu panjang, tapi cukup mewakili sedikit dari isi tulisan. Jangan lupa untuk membuat pembaca merasa penasaran melalui tulisan Anda, seperti Berpenghasilan Ratusan Juta Rupiah, Ternyata Ini Rahasia Penulis Termahal. Judul tersebut mampu membuat kita bertanya-tanya, rahasia apa dibalik penghasilan ratusan juga tersebut jadi secara otomatis kita akan membaca artikel lengkapnya.

2. Pembahasan yang sesuai judul
Seringkali kita lihat artikel dengan judul begitu menarik hingga membuat kita penasaran dan membuka link-nya. Alhasil, artikel secara lengkap sangatlah jauh berbeda dari judul di awal. Sekarang ini, banyak judul yang menipu. Mereka hanya menulisan judul menarik, tanpa memperhatikan kualitas tulisannya. Sebagai contohya, artikel yang berjudul Penerbit Ini akan Menerbitkan Tulisan secara Cuma-Cuma. Judul tersebut cukup menarik untuk dibaca, tapi artikel di dalamnya hanya membahas penerbit-penerbit yang mampu menerbitkan buku, tanpa ada bahasan biaya, apakah itu gratis atau tidak. Tulisan semacam ini akan membuat pembaca kecewa dan kapok membaca artikel yang kita tulis. Jadi, pastikan isi artikel Anda sesuai dengan judul yang ditawarkan.

3. Tidak bertele-tele 
Artikel yang berkualitas tentunya memiliki tulisan bermutu dan tidak bertele-tele. Beberapa orang membuat tulisan hanya berpatok pada jumlah kata sehingga seringkali membuat artikel tidak berkualitas. Jumlah keyword yang terlalu banyak terkadang juga membuat penulis terlalu bertele-tele dan membahas sesuatu diluar tema. Tulisan seperti ini akan membuat pembaca lelah dan jengkel sendiri. Mereka mengharapkan informasi yang dicari, sedangkan tulisan kita berputar-putar sehingga tidak memberikan pembahasan yang diharapkan oleh pembaca.

4. Menggunakan referensi terpercaya
Sebelum menggunakan referensi, tentunya kita harus memastikan terlebih dahulu apakah referensi tersebut terpercaya atau tidak. Artikel yang hendak kita tulis akan dibaca oleh orang lain dan bisa jadi digunakan sebagai sumber informasi yang nantinya juga dibagikan pada orang lain. Apabila referensi yang kita gunakan ternyata memberikan informasi palsu atau salah, maka informasi tersebut akan berbahaya apabila digunakan sebagai sumber tulisan secara terus menerus. Jadi, pastikan terlebih dahulu, apakah artikel tersebut mencantumkan nama penulis, tanggal post atau terbit, penerbit, dan keterangan lainnya.

5. Minim atau bahkan tidak ada kesalahan kepenulisan (typo)
Menulis artikel pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi bagi kita yang belum bisa megetik 10 jari. Terkadang kita merasa terburu-buru untuk menyelesaikan tulisan hingga menciptakan kesalahan dalam kepenulian atau yang sering disebut sebagai typo. Memang benar jika manusia tidaklah sempurna, tapi kita juga harus berusaha agar tidak ada typo. Bahkan, kesalahan penulisan cukup berbahaya jika disebarkan karena kesalahan huruf saja dapat mengubah arti. Jadi, teliti kembali artikel paling tidak dua kali untuk menghindari kesalahan penulisan.

Artikel yang berkualitas dan terlihat profesional akan menjadi referensi bagi banyak orang. Tetap jaga mutu artikel sebagai tanggung jawab kita sebagai penulis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar