Rabu, 14 September 2016

Ingin Populer sebagai Penulis? Lakukan 5 Hal ini

Ingin Populer sebagai Penulis? Lakukan 5 Hal ini

Memiliki hobi menulis mungkin bisa membuat kita terkenal atau populer. Penulis yang sudah populer tentunya juga harus melewati berbagai proses yang cuku berat hingga akhirnya mencapai alur kepenulisan yang biasa dilakukan jasa penulis artikel kejayaan. Perlu adanya usaha yang lebih untuk mencapai itu semua. Jika Anda memiliki hobi menulis, itu merupakan awal yang bagus untuk terus mengembangkannya.


Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar bisa populer sebagai penulis:

1. Tentukan tema dan ciri khas
Indonesia memiliki jumlah penulis yang begitu banyak. Tapi, kita hanya mengenal beberapa nama penulis saja. Mengapa demikian? Karena sebagian besar dari mereka tidak memiliki ciri khas dalam menulis. Gaya penulisan yang sama membuat mereka tidak memiliki identitas tersediri jadi para pembaca pun sulit untuk mengingat karya mereka. Oleh karena itu, ciri khas penulisan sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin populer. Carilah ciri khas dari tulisan kita sesuai dengan minat, seperti horror, romance, aksi atau lainnya. Tema tulisan saja tidak cukup. Kita bisa mencari ciri khas yang lebih terlihat, seperti menambahkan pesan-pesan galau di bagian akhir.

2. Buat jadwal menulis rutin di blog atau media sosial
Jasa penulis artikel populer pasti sudah bekerja keras hingga mereka mencapai posisi puncak saat ini. Salah satu kendala bagi setiap penulis adalah ketekunan mereka dalam membuat tulisan. Satu halaman setiap hari akan lebih baik dibanding menulis satu buku dalam sehari tapi tidak menulis lagi selama satu tahun. Sebagai penulis, kita harus lebih tekun dalam menghasilkan suatu tulisan. Untuk memudahkan kita dalam membangun ketekunan, buatlah jadwal penulisan, seperti pada setiap hari Senin, kita harus menulis di blog, hari Selasa, menulis di media sosial dan seterusnya. Jadwal ini harus menjadi komitmen bagi kita untuk terus menerus. Berikan punishmen dan reward terhadap diri sendiri apabila Anda melanggar atau menyelesaikan tulisan dengan baik. 

3. Ikuti setiap pertemuan penulis
Beberapa kota memiliki komunitas tersendiri bagi Anda yang suka menulis. Komunitas tersebut biasanya memiliki jadwal tersendiri untuk bertemu, mengadakan seminar, diskusi ataupun lomba. Banyak informasi kepenulisan yang akan kita dapatkan dari komunitas tersebut. Kita juga bisa berbagi informasi maupun pendapat sehingga wawasan kepenulisan kita akan semakin banyak. Selain itu, dengan mengikuti suatu komunitas, kita diharuskan bersosialisasi dengan sesama penulis. Semakin banyak link yang kita miliki, maka akan semakin mudah bagi kita mencapai masa kepopuleran. 

4. Ikuti berbagai ajang menulis
Sudah banyak ajang menulis yang diadakan, baik offline maupun online. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba peruntungan di lomba-lomba tersebut. Apabila Anda berhasil menjadi juara, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan bukan hanya sebatas piala, piagam ataupun uang. Anda juga akan semakin dikenal oleh orang-orang, terlebih jika penyelenggaranya memiliki media soial dan memposting kejuaraan di media sosialnya. Banyak orang yang akan melihat kemampuan kita dalam menulis dan dari sinilah ketenaran kita bermula. 

5. Masukkan tulisan pada penerbit
Salah satu kebanggaan bagi penulis adalah memiliki buku yang sudah diterbitkan. Banyak penerbit buku yang bisa kita percaya untuk menggarap tulisan kita menjadi sebuah buku. Setiap penerbit memiliki ketentuan masing-masing, jadi kita harus mempelajarinya terlebih dahulu. Setelah semua tulisan siap, jangan ragu untuk mengirimkannya, bisa melalui kantor pos maupun melalui email. 
Penulis yang populer tentunya memiliki kualitas yang lebih unggul. Kita harus rela mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu. Kita harus rela kehilangan waktu dan tenaga lebih banyak untuk menuju kesuksesan sebagai penulis populer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar